MOVE ON GARIS KERAS | Blog Tour (Review + Give Away)

Judul: Move On Garis Keras
Penulis: Furqonie Akbar, Utami Pratiwi, Ghina Oksa, Kimfricung, Reza Nufa
Editor: Ainini
Penerbit: Ping
Tebal: 180 halaman
Harga: Rp 38.000,00
ISBN: 978-602-391-107-3


Mantan adalah suatu kata yang sensitif. Akan ada reaksi berbeda dari setiap orang yang mendengar kata ini. Dan, kata mantan selalu dikaitkan dengan kata lain. Yaitu, move on. Move on adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh setiap orang. Terutama untuk orang-orang yang mempunyai mantan. Di dalam buku ini, tertulis berbagai cara move on dari berbagai jenis mantan.

Di bagian awal buku ini, pembaca disuguhi tulisan dengan sudut pandang ‘gue’ yang ditulis oleh Furqonie Akbar. Penulis yang mengaku kembaran Lee Min Ho ini membagi jenis mantan menjadi tujuh, dan memberikan solusi untuk menghadapinya. Selain itu, Furqonie juga mewawancarai narasumber terkait move on dalam konteks yang lebih universal, yaitu move on dari keterpurukan hidup.

Sabar mungkin terdengar kampret dan nggak berguna banget tapi percayalah, setiap kesabaran pasti akan membuahkan hasil karena ada pepatah yang berbunyi, “Orang sabar dikangenin mantan.” (hlm. 15)

Selanjutnya, ada tulisan dari Utami Pratiwi. Dia memberikan tips-tips move on dari sudut pandang perempuan dewasa. Ia juga berbagai cerita soal pengalaman move onnya yang sangat tidak baik untuk dilewatkan.

Tapi, terkadang, orang-orang yang singgah dalam kehidupan kita hanya sekadar memberi hikmah. Tidak lebih. (hlm. 43)

Ghina Oksa, penulis yang paling muda diantara yang lain, menuliskan tentang 7 tips absurd move on ala anak SMA.  Ia juga menuliskan soal berbagai jenis mantan sekaligus tipsnya. Tentu saja, Ia membahas ini dari sudut pandang anak SMA. Karena memang dia masih SMA. Ia juga melampirkan wawancara dari orang-orang yang gagal move on.

Biarkanlah dia hidup dengan masa depannya yang baru. Dan kamu juga berhak bahagia untuk bersama masa depanmu yang baru. (hlm. 80)

Kimfricung. Perempuan yang baru beberapa waktu lalu mendapat gelar sarjana, menulis soal hukum-hukum untuk lupakan mantan tanpa melupakan. Ia menyuguhkan statistik yang berkaitan soal mantan. Ia banyak memberikan perumpamaan untuk memudahkan penjelasan tentang mantan dan move on.

Lebih mudah mana, memutuskan pacar dengan amarah atau dengan sekubah perasaan tak rela? (hlm. 112)

Dan sebagai penutup, ada tulisan Reza Nufa. Penulis yang sudah sangat ahli dalam per’mantan’an ini membahas soal mantan dan move on dengan sedikit serius. Salah satu bahasannya adalah mantan beda agama. Selain itu, dia juga menuliskan soal tips kongkret untuk move on.


Belajar melepaskan sesuatu adalah cara menjadi dewasa. Dan dengan menjadi dewasa kamu akan mendapatkan apa yang layak untukmu. (hlm. 155)

***

Yang sudah tidak sabar ingin mendapatkan buku ini secara gratis, berikut ini syarat dan ketentuannya:

1. Domisili di Indonesia.
2. Follow akun Twitter para penulisnya:
@kimfricung , @qonrobovski ,
@haitiwi , @ochakrn, dan @rezanufa . Juga Twitter penerbitnya,
@ping_fiction .
3. Bagikan tautan giveaway ini di medsos. Kalau di Twitter, pakai hestek #MOGK , ya. Boleh mensyen penulis dan atau penerbitnya, boleh juga nggak.
4. Tulis nama, akun Twitter, dan alamat e-mail -mu di kolom komentar, diikuti jawaban atas pertanyaan ini: "Apa panggilan sayangmu dengan mantan ketika masih pacaran? Berikan alasan."
5. Giveaway ini berlangsung sampai tanggal 2 Mei 2016, jadi jangan ketinggalan, ya! Pemenang akan diumumkan pada tanggal 5 Mei 2016.

15 komentar:

  1. Dyah Purbo Arum Larasati, @Larasati981, dyahpurbo98@yahoo.com.

    Pertanyaan : "Apa panggilan sayangmu dengan mantan ketika masih pacaran? Berikan alasan."

    Jawaban : Berhubung saya belum pernah pacaran, jadi tidak bisa berkata apa-apa tentang "mantan". Dank jee wel. Salam literasi.

    ReplyDelete
  2. Nama : Markhamah
    Twitter : @ivedvedi
    Email : ivedvedi@gmail.com
    Jawaban :
    Masa remaja, usia anak-anak SMA. yang lagi giat-giat nya mencari ilmu serta.cinta. Sedikit konyol memang. "Duck Face" dan "Pig face" Duck Face, saat si doi menyebut panggilan sayang untuk ku, dan pig face sebaliknya. Entah, bagaimana awal nya. Kami.berdua memanggil pacar kita, dengan sebutan sayang seperti itu. Biasanya kan, mama-papa an. Atau kalau nggak, beb-beb an. Lucu sih, sebenarnya. Dan pada akhir nya. Panggilan sayang itu hanya.bertahan selama 4 bulanan bertepatan saat kenaikan kelas 11.

    Duck.face, seperti bebek yang berupa buruk. Sementara Pig Face, si babi yang menjijikkan. Tetapi bagi kami, itu bukanlah sebuah tampilan atau cover nya, saja. Kami berdua, menyukai nya. Nama itu, diibaratkan seperti film kartun "Beauty and the Beast". Ambil hikmahnya, bukan karena rupa nya yg menakutkan atau menjijikkan. atau bahkan.dari.segi namanya. Namun, dari.sisi ketulusan nya. Duck face, dan.pig face. Jadi flash back, keinget mantan. Jadi kangen, untuk manggil dia Si Mr. Pig face. okay, Move On!

    ReplyDelete
  3. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Email : humairabalfas5@gmail.com

    "Apa panggilan sayangmu dengan mantan ketika masih pacaran? Berikan alasan."

    Selama 24 tahun hidupku, aku tidak pernah berpacaran. Jadi, aku ga punya panggilan sayang. Tapi, mantan tetap saja mantan. Nama panggilan sayang hanya saat berpacaran dan setelah putus nama panggilan untuknya sudah berubah. Mungkin yang ada hanya nama ledekan, kecuali jika si mantan adalah mantan terindah.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Nama : Gita Nurladikasari
    Akun Twitter : @oneonlygzb
    Email : mrsbabe97@gmail.com

    Jawaban :
    Waduh!! semua mantan-ku?? *serius ini bukan ajang pamer!*
    Emm.. mantan terakhir aja yaa *gak yakin sih dia yang terakhir, hahaha*
    Panggilannya 'cengeng'. Alasannya konyol dan malu banget sebenernya mau kasitau. Dia itu cowok tapi cengeng banget. Karena terlanjur cinta kali yaa sama aku *PD banget Git* *terlanjur cinta kok ya putus* Biasanya kalau berantem atau apa gitu cewek kan yang nangis-nangis or mohon-mohon gitu? Nah kalau aku kebalikannya, malah dia yang sering nangis gitu. Jadinya aku panggil dia cengeng.Awalnya dia kesal dan malu tapi lama-lama dia bisa nerima.
    Kalau panggilan sayang dia ke aku 'manja'. Dia bilang aku manja banget, dan aku masih bingung dimana letak manja-nya. Menurutku aku tipe yang cuek bebek, minim cemburu malah -_-" Tapi kalau aku mau apa-apa yaa gitu maksa, hahaha.
    Dan ohya, sampai sekarang kita masih menjalin hubungan pertemanan dengan baik, tidak membahas tentang masa lalu lagi, udah sama-sama move on juga *ini jujur loh*. Bahkan kalau dia punya pacar, dia kenalin ke aku. *serius Git ini out of question banget"

    ReplyDelete
  6. Nama : Gilang Maulani
    Twitter : @gemaulani
    E-mail : gilangmaulani08@gmail.com
    Jawaban :

    Sederhana, karena aku nggak suka dipanggil sayang, cinta, apalagi bunda ... panggilan kami adalah Aa dan Dede. Dia panggil aku dede, aku panggil dia Aa. Meskipun kami satu angkatan saat sekolah, tapi usia kami beda setahun. Jadi supaya lebih sopan dan nyaman, aku memutuskan untuk memanggilnya Aa, panggilan untuk laki-laki yang lebih tua usianya di suku Sunda. Biar gampang juga manggilnya. Selain itu karena dia memperlakukanku layaknya seorang adik. Nggak canggung. Bercanda, saling berbagi cerita, marahan, dan melindungi, tapi tetep aja putus. Bahkan panggilan itu masih berlaku ketika kami sudah jadi mantan. Tapi sebatas adik dan kakak saja.

    ReplyDelete
  7. Nama: Raditya
    Twitter: @raditya_ok
    Email: radityadaniel@gmail.com
    Jawaban:
    panggilan sayangku dengan mantan ketika berpacaran dulu adalah "beltome" (dibaca "beltom"), kami memakai panggilan itu karena beltome adalah sebuah singkatan dari kata Belong to me.

    ReplyDelete
  8. Nama : Heni Susanti
    Akun Twitter : @hensus91
    Alamat E-mail : henis_minozz@yahoo.com
    “Apa panggilan sayangmu dengan mantan ketika masih pacaran? Berikan alasan.”
    Kakek-Nenek. :D
    Alasannya karena saat masih berteman kami sama-sama geli setiap kali ada teman yang pacaran dan menggunakan panggilan mama-papa, mamah-papah, ayah-bunda atau panggilan imut lainnya. Sambil bercanda aku bilang kalau punya pacar mau panggil kakek-nenek aja biar sekalian doa langgeng. Eh, setelah dia nembak dan kami resmi pacaran, dia malah inget itu dan memanggilku ‘Nenek.’ Walaupun doanya langgengnya tidak terkabul karena kami tetap putus. :D #namanyajugabukanjodoh

    ReplyDelete
  9. Nama : Risa Pramita
    Akun Twitter : @ichapramita
    Email : risapramita05@gmail.com

    “Apa panggilan sayangmu dengan mantan ketika masih pacaran? Berikan alasan.”

    Panggilan kesayangan aku ke dia sih si-jelek. Alasan dibalik panggilan kesayangan itu emang wajahnya jelek (halah padahal muka kaya Sule aja dibilang ganteng, gegara jadi mantan sekarang bilangnya jelek :v :D ). Ihihiii sebenernya bukan itu, tapi karena ada rasa puas ketika manggil dia "jelek" perasaan sedih, kesel, marah pun cepet hilang. Kalau panggilan kesayangan dia ke aku si-sipit kalau ngga si-pesek :D alasannya emang fakta mata dan hidungku seperti itu :v :3 :D

    ReplyDelete
  10. Arie Pradianita | @APradianita | ariepradianita@gmail.com

    Mhieww-Phieww.. (^_^)

    Mhieww dan Phieww dianggap jadi versi cute dari Mimi dan Pipi. Panggilan sayang ini populer gara-gara ada mantan pasangan seleb yang pake panggilan ini buat satu sama lain. Jadi, waktu itu kami berdua memutuskan untuk menggunakan panggilan sayang tersebut.

    Berhubung pertanyaannya menyangkut #mantan, jadi jawabannya singkat, padat dan jelas. Kalau panjang jawabannya, bisa-bisa mood saya jadi jelek karena mengorek-orek luka lama yang sudah sembuh! #MOVEonGARISkeras (^_^)

    ReplyDelete
  11. nama: famia
    twitter: @amifamia
    email: amifamia@gmail.com


    jawaban:
    paggilan sayang untuk mantan gak ada, karena aku pacarannya cuman tiga hari, waktu itu aku cuman iseng nerima orang dan pengen tau rasanya pacaran, tapi ternyata pacaran gak enak, ganggu mulu *curcol.

    ReplyDelete
  12. Nama: Citra Larasari
    Twitter: citra_larasari
    Email: citralarasari13@gmail.com

    Pertanyaan: Apa panggilan sayangmu dengan mantan ketika masih pacaran? Berikan alasan.
    Jawaban: oleh sebab saya hanya pernah pacaran sekali sebelum benar-benar menemukan seseorang yang berarti untukku saat ini, maka mantan saya sebelumnya hanyalah satu. dan untuk panggilan sayang saya ke mantan adalah 'Kakak'. Hal itu karena mantan saya terdahulu adalah senior saya di sekolah. Dan saya sangat menyukai panggilan tersebut, sebab saya adalah seseorang yang mengagumi sosok laki-laki yang lebih dewasa dibandingkan saya. *jadibaper

    ReplyDelete
  13. Nama: Herva Yulyanti
    Twitter: @hervayulyanti
    Email: hervahrd@gmail.com
    Pertanyaan: Apa panggilan sayangmu dengan mantan ketika masih pacaran? Berikan alasan.
    Jawaban: Mantan pacar alias suami saya sekarang dulu punya panggilan sayang "Dino" terinspirasi dari Tyrex yang suka makan orang hahaha karena hobi saya kalau pas datang bulan bawaannya emosi tingkat tinggi senggol bacok bawaannya pengen makan orang maka cocoklah karakter saya seperti si Dinosaurus ini dan menjadi "Dino". Kejam suami saya hahaha padahal kalau saya punya panggilan sayang "Bubu" berasal dari kata hanibu awal katanya Honey, jauh sebelum princes Syahrini mengumandangkan Bubu-nya saya sudah duluan hei princes kutandai kau yang plagiat denganku ahahah.

    ReplyDelete
  14. Nama: Laini
    Twitter: @lainilaitu
    Email: lainilaitu@gmail.com
    Jawaban:

    Membahas panggilan sayang ke mantan berasa mengorek luka lama #tsah.
    Saya memanggil dia dengan sebutan 'Om Jambul'

    Alasannya:
    Awalnya saya memanggil dengan sebutan 'Pak' karena dia adalah senior di kantor cabang. Seiring berjalannya waktu, baru tahu kalau kami seumuran dan dia menolak dipanggil dengan sebutan 'bapak' lagi. Akhirnya saya memanggilnya dengan 'Om', mendinganlah daripada bapak-bapak. Lalu, waktu ada pembuatan idcard baru di kantor, saya bermain ke div.design di mana mereka sedang mengedit foto-foto karyawan. Dari situlah seluruh warga design heboh menunjukkan foto dia dengan jambulnya. Kemudian berakhirlah sebutan 'Om Jambul', bahkan di saat rambutnya udah klimis. lol

    ReplyDelete
  15. Nama : Sagita Nur Amalia
    Akun Twitter : @Sagita_N_A
    Alamat e-mail : sagitanuramalia96@gmail.com
    Jawaban :

    Panggilan sayangku dengan mantan ketika masih pacaran itu Damar sama Cemara. Karena nama Damar dan Cemara di ambil dari nama Pohon, Pohon Damar sama Pohon Cemara itu satu paket, biasanya di puncak atau di Hutan kalau ada Pohon Damar nanti ada Pohon Cemara. Pohon Damar itu yang Cowo, kalau Pohon Cemara itu yang Cewe. Aku milih Damar sama Cemara karena unik, pakenya nama pohon biar Anti Mainstream, biar gak ada yang nyamain dan karena kalau ada Damar nanti ada Cemara, Pohon Damar sama Pohon Cemara itu bagus pohonnya juga bermanfaat.

    ReplyDelete